Tuesday, August 31, 2010

Presiden Janji Tegas Hadapi Malaysia


JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akhirnya angkat bicara soal konflik dengan Malaysia. Namun, pernyataan resminya akan disampaikan besok malam.

Hal itu disampaikan SBY usai Rapat Terbatas Kementerian Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan di Kantor Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Selasa (31/8/2010).

"Meskipun telah dijelaskan berulang kali, namun saya ikuti masih terjadi wacana politik di dalam negeri kita. Besok, 1 September malam, seusai ibadah tarawih, saya akan menyampaikan penjelasan langsung ke rakyat Indonesia," ujarnya.

Penjelasan tersebut akan disampaikan di Mabes TNI di Cilangkap, Jakarta Timur. Dalam keterangannya, Presiden ingin medudukkan persoalan antara Indonesia dan Malaysia pada tempatnya dan mengajak masyarakat Indonesia untuk melihat persoalan tersebut secara rasional, tidak dengan emosional.

"Namun juga memberi pesan ketegasan kita. Saya ingin mendorong agar Malaysia lebih sungguh menyelesaikan perundingan batas wilayah maritim seraya tetap memelihara hubungan baik yang memberi manfaat bagi Malaysia dan Indonesia," tegasnya.
(lam)

No comments: