Saturday, August 28, 2010

MENHAN: JANGAN REMEHKAN KEKUATAN INDONESIA

Jakarta - Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro menegaskan, jangan remehkan kekuatan militer dan non militer Indonesia menghadapi berbagai ancaman terutama terhadap Malaysia.

"Kekuatan kita tidak ada masalah. Kita siap. Apalagi Pasukan Reaksi Cepat kita siap untuk ditempatkan (deploy) jika perlu," katanya, usai menghadiri buka bersama jajaran kementerian politik, hukum, dan HAM di Jakarta, Jumat.

Apalagi, Indonesia memiliki batalyon tempur yang banyak (terutama TNI Angkatan Darat) dan handal yang siap digerakkan setiap saat. Batalyon tempur kita terbaik di ASEAN, kata Purnomo.

"Kita juga punya sumber daya manusia yang banyak. Jadi, dari sisi kesiapan, kekuatan, dan gelar, tidak ada masalah sama sekali. Jadi jangan `under estimate` dengan kekuatan kita," ujarnya.

Menhan menambahkan, kesiapan, kekuatan dan gelar tersebut meliputi kekuatan darat, laut dan udara.

Sebelumnya, Purnomo menyatakan Indonesia juga siap menghadapi Malaysia di meja perundingan.

"Kita memiliki data dan fakta yang kuat tentang titik wilayah kita baik darat maupun laut yang berbatasan dengan Malaysia," ungkapnya.

Hubungan Indonesia-Malaysia kembali menghangat pasca penangkapan tiga petugas Kementerian Laut dan Perikanan oleh aparat Malaysia, saat bertugas di Tanjung Berakit, Indonesia.

Namun, akhirnya kedua pihak sepakat kembali merundingkan persoalan perbatasan kedua negara di Kinabalu, Malaysia pada 6 September mendatang.


Sumber : Antara

No comments: