Sunday, August 29, 2010

Google Realtime "Search Engine" Siap Melayani

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com — Sejak meneken kerja sama dengan Twitter, Facebook, dan MySpace akhir tahun lalu, Google telah mengintegrasikan layanan search engine ke basis data layanan jejaring sosial tersebut. Tak hanya menyajikan hasil pencarian berdasarkan kata kunci, tetapi di sini juga terdapat timeline yang menandai kapan pesan tersebut dituliskan.

Layanan baru itu sudah tersedia sejak Desember lalu sebagai bagian dari proyek eksperimen. Kini, Google telah meluncurkannya secara resmi dengan nama Google Realtime dengan alamat tersendiri di www.google.com/realtime.

"Di halaman baru ini Anda akan menemukan alat bantu yang sangat baik untuk membantu Anda menemukan hasil pencarian yang lebih pas dan benar," ujar Dylan Casey, manajer produk di Google dalam blog resmi Google. Fitur paling utama adalah timeline yang menyajikan grafik semua pesan berdasarkan kata kunci tertentu terurut waktu.

Fitur lainnya yang tersedia adalah pencarian update informasi berdasarkan lokasi geografi sehingga akan menyajikan hasil pencarian yang relevan paling dekat dengan pengguna atau lokasi yang dituju. Misalnya, saat pengguna akan bepergian ke Los Angeles pada musim panas, ia bisa melacak dulu perbincangan atau kejadian apa yang terjadi pada musim panas tahun lalu sehingga dapat menentukan persiapan yang tepat.

Selain itu, terdapat fitur obrolan yang menyajikan perbincangan berkesinambungan berdasarkan urutan pesan dibuat. Dengan fitur ini, pengunjung dapat melacak proses pembicaraan dari awal hingga akhir, termasuk siapa saja yang meneruskan pesan atau melakukan retweet.

"Terakhir, kami juga menambahkan update konten melalui Google Alerts sehingga membuat Anda mudah mengikuti topik pilihan yang hangat. Sekarang, Anda dapat membuat pengingat sendiri sesuai keinginan dan akan memberitahukannya lewat e-mail jika topik tersebut muncul di Twitter atau layanan sejenis," ujarnya.

Pencarian semacam ini kini menjadi incaran semua penyedia layanan search engine seiring makin populernya jejaring sosial. Selain Google, Yahoo dan Microsoft Bing juga menjalin kerja sama dengan Twitter dan Facebook untuk menyajikan hasil pencarian update status dan pesan singkat dengan cara berbeda. Informasi dari jejaring menjadi sangat bernilai karena memberikan pesan termutakhir tentang apa saja yang dibicarakan pengguna internet secara real time.

No comments: