Monday, August 30, 2010

Ditemukan, Jejak ‘Sepatu Boot’ di Mars


Jakarta- Pesawat ruang angkasa Mars Express dari Lembaga Luar Angkasa Eropa yang mengorbit Mars berhasil mengabadikan foto jejak sepatu boot raksasa di planet merah itu.

Jejak itu merupakan kawah memanjang berukuran 240 mil yang dikenal dengan nama Orcus Patera. Bentuk misterius tersebut sering dikenal dengan nama ‘Wajah di Mars’.

Sebenarnya, gambar tersebut merupakan bagian permukaan yang terkikis, namun tampak berbeda akibat pencahayaan dan fokus kamera. Meskipun begitu, para ilmuwan belum mengetahui bagaimana Orcus Patera bisa muncul.

Istilah Patera biasa digunakan untuk menjelaskan kawah gunung berapi yang tidak teratur, kompleks dan cencerung dalam. Orcus Patera terletak antara gunung berapi Mars yaitu Olympus Mons dan Elysium Mons.

Sayangnya, ilmuwan tidak bisa memastikan apakah aktivitas gunung berapi bertanggung jawab atas penampakan jejak sepatu boot tersebut.

Ilmuwan menduga bahwa jejak ini disebabkan kawah bundar yang mengalami deformasi akibat gerakan geologi atau perubahan dari erosi kawah terpisah yang berjajar bersebelahan.

“Bagaimanapun, penjelasan yang paling mungkin adalah gambar ini disebabkan kemiringan muncul akibat gerakan permukaan Mars yang menyudut sangat dangkal. Kemungkinan berukuran kurang dari lima derajat horizontal,” kata tim Mars Express.

Kemungkinan lainnya Mars telah ditabrak meteor.[ito]

No comments: