Saturday, August 28, 2010

Gelar Kekuatan di Laut Perlu Ditingkatkan

Liputan6.com, Jakarta: Mantan Menteri Pertahanan Juwono Sudarsono mengatakan gelar kekuatan di laut perlu ditingkatkan agar tak ada pelanggaran wilayah atau kegiatan ilegal oleh pihak asing. "Sekitar 75 persen wilayah Indonesia adalah perairan. Perlu ada penambahan gelar kekuatan di laut," katanya di Jakarta, Sabtu (28/8).

Juwono mengatakan, posisi Indonesia di antara dua samudra mengakibatkan selat-selat di Indonesia jadi penting untuk pelayaran dunia. "Tidak saja pelayaran niaga, melainkan juga militer. Luas wilayah perairan Indonesia perlu dijaga dengan kehadiran gelar kekuatan yang memadai," ujar Juwono.

Senada dengan Juwono, pengamat pertahanan Andi Widjojanto mengatakan, pemerintah harus mempercepat pembangunan kekuatan di laut seperti pembangunan kapal patroli kelas fregate-corvette. "Pengadaan kapal selam juga harus dipercepat sehingga bersama kapal patroli itu dapat melakukan pengamanan di Laut Sulawesi, perairan Malaka-Riau-Natuna," tuturnya.

Pada pertengahan Agustus 2010, Kementerian Pertahanan telah meluncurkan pembangunan kapal perang tempur jenis Perusak Kawal Rudal. "Menhan juga sudah berkomitmen untuk pembuatan kapal selam di dalam negeri. Ini harus dipercepat semuanya, jangan ditunda-tunda lagi agar wilayah perairan kita aman," kata Andi.(ANT/JUM)

No comments: