Thursday, July 19, 2012

2 Atlet Olimpiade Tak Punya Negara

Dua orang atlet akan berlaga di Olimpiade London 2012 tanpa mewakili negaranya. Atlet layar, Philipine van Aanholt (19 tahun) dan atlet judo kelas 81 kilogram, Reginald de Windt (27 tahun) siap bertanding sebagai peserta independen.

Kedua atlet tersebut berasal dari Antilles Belanda, negeri di Kepulauan Karibia. Setelah pembubaran pulau itu pada 2011, Komite Olimpiade Internasional (IOC) menarik keanggotaan Komite Olimpiade negara yang sudah otonomi dari Kerajaan Belanda tersebut.

Meski demikian, Van Aanholt dan De Windt tetap memiliki kesempatan bersaing meraih medali di pesta olahraga dunia ke-30 ini. Sesuai dengan semangat Olimpiade, kedua atlet tersebut akan berpartisipasi di bawah bendera Olimpiade.

Seperti dilansir Eurosport, kebijakan peserta independen ini merupakan kali ketiga sepanjang sejarah penyelenggaraan Olimpiade. Pada Olimpiade Barcelona 1992, para atlet Republik Federal Yugoslavia dan Republik Macedonia diperbolehkan bertanding tanpa kontingen negara masing-masing.

Jumlah peserta independen kala itu mencapai 58 orang, yang di antaranya berhasil membawa pulang satu medali perak dan dua perunggu. Sedangkan pada 2000, setidaknya empat atlet asal Timor Leste diperbolehkan tampil di Olimpiade Sidney. (one)

No comments: