Friday, January 14, 2011

Kecerdasan Komputer Kalahkan Manusia


INILAH.COM, Jakarta - Komputer permainan Jeopard dari IBM bernama Watson telah menarik banyak perhatian masyarakat karena berhasil mengalahkan manusia. Selamat datang kecerdasan buatan!

Komputer Watson berhasil mengakhiri babak putaran spesial Pertandingan Jeopardy dengan mengalahkan pemenang Jeopardy sebelumnya, yaitu Ken Jennings dan Brad Rutter.

Watson memenangkan US$4.400 (Rp 40 juta) sedangkan Jennings juara kedua dengan meraih US$3.400 (Rp 30,9 juta) dan Rutter mendapatkan US$1.200 (Rp10,9 juta).

Pertandingan itu menunjukkan kecerdasan buatan mesin penjawab pertanyaan Jeopardy yang juga menjadi saksi pertama bagaimana pertarungan manusia melawan mesin dimenangkan oleh sebuah komputer.

Mesin IBM ini memang bertujuan menunjukkan bagaimana masa depan kecerdasan palsu atau hasil rekayasa manusia. Komputer di masa depan mampu menafsirkan pembicaraan manusia ataupun menjawab pertanyaan berdasarkan pemahaman komputer itu sendiri.

Berdasarkan keterangan ZD Net, komputer Watson diunggulkan karena mampu menimbang risiko dan membuat taruhan yang akurat atas pertanyaan yang muncul di permainan itu. [vin]

No comments: