Friday, January 14, 2011

E-Paspor Solusi Cegah Paspor Palsu


Jakarta - Direktorat Jenderal Imigrasi berencana akan menerbitkan paspor berbasis eletronik (e-paspor). Penerbitan paspor ini diharapkan menekan angka manipulasi paspor yang dilakukan oleh mafia pajak Gayus Halomoan P Tambunan.

"Akhir bulan ini akan diterbitkan e-paspor nya," ujar Kabag Humas Litigasi dan Tata Usaha Ditjen Imigrasi Kemenkum HAM, Maroloan Jonnis Baringbing, di kantornya, Jumat (14/1/2011).

Menurut Baringbing, paspor elektronik secara fisik tidak berbeda dengan paspor konvensional. Namun yang membedakan, di salah satu halaman akan ditanamkan chip. "Jadi, ada salah satu halaman yang agak tebal nanti," ucap dia.

Dengan paspor elektronik ini nantinya, data pribadi sang pemilik paspor langsung terintegrasi dengan komputer langsung yang dapat diakses dari pusat imigrasi dan beberapa pos yang ditempatkan di Bandar Udara. "Mudahan-mudahan dengan paspor ini tidak terjadi peristiwa seperti Gayus," ucapnya.

Untuk pengurusan paspor ini rencananya pembuat akan dikenai biaya Rp650 ribu. Paspor ini akan diluncurkan secara resmi pada 26 Januari 2011 diawali dari Bandara Soekarno-Hatta. [mah]

No comments: