Tuesday, January 25, 2011

Gara-gara Sepeda Batal Mengangkasa


Apes nian Tim Kopra. Tinggal beberapa minggu mewujudkan misi berjalan di ruang angkasa, ia malah terjatuh dari sepeda. Alhasil, astronot asal "Abang Sam" (Amerika Serikat) itu kehilangan tempat dalam perjalanan pesawat ulang alik Discovery.

Menurut warta AP dan AFP pada Kamis (20/1/2011), Kopra cedera lantaran terjatuh kala mengayuh sepedanya akhir pekan lalu. Jadilah, astronot lainnya, Steve Bowen, menggantikan posisinya. Padahal, Kopra adalah komandan tim astronot yang bakal berjalan kaki di ruang angkasa.


Kendati begitu, NASA tidak mengungkap rincian dari cedera yang diderita Tim Kopra. Pertimbangan NASA, hal itu merupakan informasi medis yang bersifat pribadi. Kecelakaan tersebut terjadi tidak jauh dari rumahnya dan tidak melibatkan kendaraan lain.

Misi pesawat ulang alik Discovery ini sudah ditunda beberapa kali karena masalah teknis. Namun, perubahan pada saat-saat terakhir ini diperkirakan tidak akan menunda lagi peluncuran Discovery pada 24 Februari mendatang.
Pesawat ulang alik Discovery menurut rencana akan membawa barang-barang yang dibutuhkan oleh Stasiun Ruang Angkasa Internasional. Penerbangan ini merupakan satu dari rangkaian akhir misi pesawat ulang alik yang akan dihentikan tahun ini.

No comments: