Tuesday, January 18, 2011

Gawat, Rokok Rusak Gen Dalam Hitungan Menit!


Minnesota - Ilmuwan Amerika Serikat (AS) menyatakan, rokok bisa menyebabkan kerusakan gen yang berhubungan dengan kanker dalam hitungan menit. Duh!

Selain itu, ilmuwan mengatakan efeknya sangat cepat, seperti ketika menyuntikkan zat substansial langsung ke aliran darah. Seperti dikutip ABC Science, penelitian pertama ini guna melacak seberapa cepat efek zat substansi tembakau pada kerusakan DNA.

Studi pada 12 relawan perokok, ilmuwan menemukan polutan yang disebut PAH (Polycyclic Aromatic Hydrocarbon) yang terdapat dalam asap tembakau yang juga dapat ditemukan di batu bara.

Ilmuwan menyelidiki satu jenis zat, yakni phenanthrene, yang ditemukan dalam asap rokok melalui darah. Ilmuwan menemukan, phenanthrene membentuk substansi racun yang dikenal sebagai ‘sampah DNA’.

"Sampah DNA menyebabkan mutasi yang akhirnya menyebabkan kanker," kata penulis studi, Profesor Stephen Hect. Perokok mengembangkan tingkat maksimum substansi dalam waktu yang mengejutkan, yakni hitungan 15-30 menit setelah selesai merokok," tambahnya.

Kanker paru-paru sendiri telah membunuh sekitar tiga ribu orang di dunia tiap hari, dan 90% penyebab utamanya adalah merokok. Penelitian ini didanai National Cancer Institute di AS. Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Chemical Research in Toxicology terbitan American Chemical Society. [vin]

No comments: