Wednesday, January 19, 2011

Dapat Peringkat Dunia, ITB Lebih Tunjukkan Kinerja


INILAH.COM, Bandung - Meski popularitas Institut Teknologi Bandung (ITB) diakui oleh dunia, Wakil Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Bidang Komunikasi Kemitraan dan Alumni Hasanudin Z Abiddin tetap akan menunjukkan kinerja pendidikan yang berkualitas kepada masyarakat.

Setelah mendapatkan peringkat 32 di dunia dalam "2011 World University Ranking" yang digelar '4 Internasional Colleges & University (4icu)', menurut Hasanudin, tidak ada usaha yang khusus dilakukan direktorat ITB ke depannya.

"Namun kita lebih mementingkan kualitas bukan kuantitas. Kita terus menunjukkan kinerja kita sebagai pendidik yang berkualitas di masyarakat," ujar Hasanudin saat dihubungi INILAH.COM, Rabu (19/1/2011).

Prinsip tersebut, lanjut Hasan, sama dengan universitas di luar negeri bahwa peningkatan kualitas menjadi prioritas dalam dunia pendidikan.

"Yang dilihat orang itu biasanya bukan kuantitas pendidikan, tapi kualitasnya sehingga ITB mendapatkan peringkat di dunia meskipun nonakademik," ungkapnya.

Sementara itu, peringkat pertama di dunia ditempati Stanford University, disusul Massachusetts Institute of Technology, kemudian University of California. Dominasi universitas di Amerika masih terlihat dengan jelas dalam "2011 World University Ranking". Setelah itu, peringkat 8 diisi Peking University, China.

Untuk kawasan Asia, ITB menempati peringkat 12 sedangkan UI di peringkat 25. "2011 World University Ranking" dari 4icu bertujuan melihat bagaimana kepopuleran sebuah website universitas. Tentunya dari website tersebut diharapkan dapat menjadi sebuah media untuk mengetahui setiap universitas di dunia. [den]

No comments: