Sunday, October 10, 2010

PT Timah Setor Rp2 Triliun ke Negara

Pangkalpinang - PT Timah Tbk pada 2010 menyetor Rp2 triliun ke kas negara dan tercatat sebagai satu dari 15 badan usaha milik negara yang memberikan kontribusi terbesar kepada negara.

"Kontribusi ke kas negara itu dalam bentuk setoran pajak, royalti dan dividen laba kerja," kata Direktur Utama PT Timah Tbk Wachid Usman di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia bertekad pada tahun berikutnya Timah akan memberikan sumbangan lebih besar lagi ke kas negara karena BUMN pertambangan menanggung 80% pendapatan negara.

"Memang ini menjadi beban yang cukup berat, namun kami optimistis bisa memberikan sumbangan terbesar ke kas negara," ujarnya.

Menurut dia, minimnya capaian produksi pertambangan bisa mempengaruhi menurunnya setoran ke kas negara.

"Namun kami akan terus berupaya maksimal dengan memperbaiki sistem produksi dan manajemen untuk meningkatkan pendapatan," ujarnya.

Menurut dia, harga timah dunia menembus 23.000 dollar AS per metrik ton sehingga timah menjadi incaran banyak pengusaha.

"Kondisi seperti ini membuat masyarakat dan pemilik modal tergiur menambang timah, namun mereka tidak peduli legal atau tidak," katanya.

No comments: