Sunday, October 10, 2010

Awas! Gerakan 10/10 akan Geruduk BHI dan Istana


INILAH.COM, Jakarta - Gerakan massa yang mewacanakan pemakzulan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari ini akan menunjukkan aksinya di Bundaran Hotel Indonesia dan Istana Negara.

Gerakan yang sebelumnya populer disebut Gerakan 10/10 itu, menggunakan momentum tanggal 10 Oktober 2010 untuk meminta perbaikan di segala lini. Sebaliknya, jika tidak, mereka mewacanakan pemakzulan Presiden SBY tepat di satu tahun periode pemerintahannya yang kedua ini.

Seperti dilansir oleh TMC Polda Metrojaya, bahwa aksi yang diinisiasi oleh kelompok Petisi 28 ini akan berpusat di dua titik vital Jakarta, yaitu Bundaran HI dan Istana Presiden.

Mereka akan menggelar aksi di depan Istana, Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat pada pukul 10.0-14.00 WIB. Selanjutnya, mereka akan melakukan longmarch ke Bundaran HI dan menggelar aksi di sana 15.00-17.00 WIB. Sebaiknya Anda yang hendak melintasi kawasan ini, harap berhati-hati dan mencari alternatif jalan lain.

Sebagaimana diberitakan, Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie M Massardi mengatakan bahwa para aktivis dan LSM telah membuat rencana yang matang untuk beraksi bersama secara besar-besaran yang hingga pada puncaknya SBY lengser.

Menurut Adhie, gerakan ini tereskalasi yang akan diawali pada 10 Oktober ini dan akan berlangsung secara terus menerus hingga ada perubahan.

"Nanti akan kita awali sepuluh-sepuluh-sepuluh (10-10-10) dan akan berlangsung secara terus menerus hingga ada perubahan. Ini sesuai dengan pembicaraan kita dengan para aktivis dan LSM, mahasiswa," ujarnya Selasa (28/9) lalu.

Dalam aksinya itu, kata Adhie, massa akan mendatangi DPR, MPR, dan Istana.

Selain itu, 1 juta massa diharapkan turun ke jalanan memperingati 6 tahun pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudoyono sekaligus mendesak SBY segera mundur dari jabatannya.

Hal itu dikatakan aktivis senior Petisi 28, Haris Rusli di Jakarta, Minggu (26/9). Ada empat tuntutan utama yang akan diajukan pada aksi yang rencananya digelar pada 20 Oktober mendatang.

"Tuntutan utama kita, turunkan SBY, turunkan harga, usir penjajah-penjajah asing (perusahaan-perusahan neolib), dan usut tuntas skandal Century," ujarnya.[iaf]

No comments: