Thursday, March 24, 2011

warteg juga ada di jepang

Warteg (warung tegal) memang sudah terkenal di Indonesia. Karena makanannya yang enak dan relatif murah. Sangat pas untuk kalangan menengah kebawah. Namun, di Jepang juga ada warteg versi Jepang. Orang Jepang menyebutnya dengan Yatai. Jajanan pinggir jalan ini merupakan alternatif makanan bagi orang Jepang terutama pada saat musim semi.





Yatai adalah warung makan yang biasanya beraktifitas di musim semi di pinggir - pinggir jalan. Biasanya berjualan pada sore hari dan tutup pada malam hari atau bahkan biasanya ada yang sampai subuh.





Makanan yang mereka jual biasanya makanan tradisional Jepang , bir dan sake. Yatai ini bisa ditemukan hampir di semua daerah di Jepang, namun Fukuoka menjadi tempat yang paling terkenal akan Yatai ini. Biasanya makanan yang mereka sajikan adalah Yakitori, Oden dan Hakata Ramen yang merupakan makanan kebanggaan bagi masyarakat di Fukuoka.





Makan di Yatai merupakan sebuah pilihan alternatif yang bagus dari pada makan di restoran apabila memperbandingkan harga, karena makan di yatai ini relatif lebih murah dibandingkan dengan makan di restoran. Ya hampir sama dengan warteg di Indonesia. Walau murah meriah, namun soal kebersihannya sudah terjamin, karena telah mendapat izin dari pemerintah kota di Jepang.

No comments: