Sunday, March 27, 2011

Mazda 3 Raih Peringkat Bintang Lima Keselamatan


MOBIL buatan Mazda Motor Corporation, yakni Mazda 3 baik sedan versi maupun hatchback, berhasil meraih peringkat tertinggi atau bintang lima sebagai mobil paling aman dari Lembaga Asuransi Keselamatan Jalan Raya (IIHS) Amerika Serikat.

Kedua mobil buatan produsen asal Jepang terbut mendapat nilai tinggi dalam serangkaian uji tabrak, baik tabrak dari depan, samping, belakang serta uji kekuatan atap saat mobil terguling.

“Penghargaan terhadapMazda 3 model terbaru baik hatchback maupun sedan ini merupakan satu bukti bahwa produk yang kami tawarkan tidak hanya mengedepankan aspek kenyamanan dan desain yang menarik semata. Tetapi produk kami juga terbukti aman,” papar Jim O'Sullivan, Direktur dan Kepala Eksekutif Mazda Amerika Utara.

Sejumlah fitur penunjang kenyamanan dan keamanan juga dipasang di Mazda 3, diantaranya enam buah airbag, Antilock Brake System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Dinamyc Stability Control, serta Traction Control.

Selain itu, penumpang dan pengemudi juga dilindungi sabuk pengaman dengan tiga titik pengait. Adapun penumpang usia bawah lima tahun disediakan jangkar sistem pengaman tempat duduk.
IIHS menyatakan bahwa mobil yang diuji wajib memiliki peranti penunjang keamanan berkendara, seperti peranti Electronic Stability Control (ESC) yang berguna untuk mencegah mobil terguling.

“Evaluasi hasil uji setiap kendaraan didasarkan pada penilaian secara rinci terhadap setiap sudut dari (simulasi) tabrak serta dampak luka-luka yang ditimbulkan,” tulis pernyataan IIHS dalam keterangan resminya.

Sedan Mazda 3 mengusung mesin 2.000 cc yang mampu menyemburkan tenaga hingga 148 daya kuda dan torsi maksimum 135 lb ft. Mazda juga menawarkannya dengan mesin 2.500 cc empat silinder yang bertenaga 167 daya kuda dan torsi 168 lb ft. (uky)

No comments: