Thursday, March 24, 2011

11 Alasan Berhenti Minum Susu

Susu dan produk olahan susu kini tidak sesehat yang dibayangkan orang. Berikut 11 alasan mengapa kita harus berhenti minum susu.

1. Susu sapi cocoknya buat anak sapi. Manusia merupakan satu satunya spesies yang masih minum susu setelah dewasa dan satu satunya yang minum susu dari spesies lain.

2. Hormon. Tidak hanya hormon alami pada susu sapi yang lebih kuat dari hormon manusia, sapi perah juga sering diberikan steroid dan hormon hormon tambahan lain untuk meingkatkan produksi susu. Hormon hormon ini dapat berefek negatif pada keseimbangan hormon tubuh.

3. Sebagian besar sapi memperoleh makanan yang tidak benar. Makanan sapi perah yang beredar saat ini banyak mengandung bahan sintetik, pestisida dan antibiotika.

4. Produk susu saat dimetabolisme membentuk asam. Tubuh kita secara alami selalu mempertahankan keasaman darah pada pH 7,3. Mengkonsumsi makanan yang bersifat asam akan menganggu keseimbangan asam basa tubuh. Salah satu organ yang terdampak adalah tulang. Akibatnya tulang menjadi keropos.

5. Penelitian menunjukan negara yang penduduknya paling banyak mengkonsumsi susu memiliki angka kejadian osteoporosis paling tinggi.

6. Sebagian sapi perah hidup di kandang dengan kondisi yang memprihatinkan. Mereka bahkan tdk pernah melihat lapangan rumput yang segar.

7. Sebagian susu dan produk susu di pasteurisasi untuk membunuh bakteri berbahaya. Saat proses pasteurisasi, vitamin, protein dan enzim mengalami kehancuran. Rusaknya enzim ini membuat susu sapi susah untuk dicerna tubuh sehingga merepotkan enzim alami tubuh.

8. Produk susu adalah pembentuk lendir. Lendir yang dihasilkan berperanan dalam gangguan saluran nafas.

9. Penelitian menghubungkan susu dengan radang sendi. Pada sebuah penelitian dengan kelinci, Richard Panush berhasil membuat kelinci mengalami radang sendi hanya dengan mengganti air dengan susu. Pada penelitian lain, lebih dari 50% keluhan pada sendi berkurang ketika susu dihilangkan dari konsumsi sehari hari.

10. Protein susu sulit dicerna tubuh. Pada beberapa orang, protein ini malah membangkitkan reaksi alergi.

11. Pestisida yang terkandung di dalam makanan sapi perah mengkontaminasi susu yang kita minum.

No comments: