Thursday, March 24, 2011

Ini Jalur Alternatif Casablanca


Penutupan jalan saat pemasangan fondasi dalam proyek pembangunan jalan layang non tol atau flyover Casablanca akan diberlakukan dalam waktu dekat. Keputusan mengenai jalan alternatif mana yang akan digunakan baru akan diputuskan hari ini, Kamis, 24 Maret 2011.

Menurut Kepala Bidang Jembatan Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta, Novizal, koordinasi antara Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI, Dinas Perhubungan DKI, dan Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya, akan dilaksanakan di Polda Metro Jaya.

"Rapat akan digelar di TMC Polda Metro Jaya mulai pukul 09.00 WIB. Rapat akan memutuskan jalan alternatif mana yang akan dipakai," ujar Novizal saat dihubungi di Jakarta, Rabu malam, 23 Maret 2011.

Novizal menjelaskan, dari sembilan jalan alternatif yang diusulkan Dinas PU DKI, belum tentu akan disetujui seluruhnya. Jalan yang dipakai akan dipertimbangkan dari segi kelayakan, seperti lebar ruas jalan.

"Sebab kebanyakan jalan alternatif itu jalan lingkungan, atau bukan jalan umum," ungkapnya.

Ada tiga ruas jalan yang direncanakan ditutup saat pemasangan fondasi, yaitu samping jalan layang Sudirman yang mengarah ke arah Jalan Satrio atau Casablanca, jalan di samping underpass Casablanca dari Jalan Satrio ke arah Jalan Rasuna Said, dan jalan di samping underpass Casablanca dari arah Jalan Rasuna Said ke Jalan Satrio.

Panjang ruas jalan yang ditutup di samping jalan layang Sudirman hanya sepanjang 70 meter, selebihnya masih bisa dilalui. Penutupan jalan tersebut akan berlaku selama tiga bulan, termasuk pengerjaan pemasangan fondasi dan tiang pancang yang dilakukan di kedua sisi jalan samping underpass Casablanca.

Sementara itu, sembilan jalur alternatif yang telah disiapkan Dinas PU DKI antara lain untuk penutupan jalan samping flyover Sudirman bisa melalui:

1. Jalan Setiabudi - Jalan Karet Karya - Jalan Karet Gusuran 3 - Jalan Komando Raya - Jalan Bek Murad.

2. Samping Gedung Sampoerna Strategic - Jalan Bek - Jalan Satrio - putar atau u-turn depan Gedung Sahid Jalan Mas Mansyur.

3. Jalan Garnisun - Jalan Karet Sawah - Jalan Satrio - putar atau u-turn depan Gedung Sahid.

4. Putar di Jembatan Semanggi

Kemudian untuk jalur alternatif jalan samping underpass Casablanca arah Satrio - Rasuna Said dan sebaliknya bisa melalui:

1. Jalan Denpasar - Gedung Dharma Wanita - Gedung Sentra Mulia.

2. Jalan Gili - Jalan Denpasar Raya.

3. Jalan Madiun - Masjid Sunda Kelapa - Jalan DR Kusuma Atmaja.

4. Gedung Papan Sejahtera - pinggir kali Cideng - Jalan Taman Rasuna.

5. Jalan Taman Rasuna - Jalan Samping Pemakaman Menteng Pulo - putar di Jalan Casablanca. (art)

No comments: