Monday, December 5, 2011

Toyota Kian Agresif Injak Gas


INILAH.COM, Jakarta - Toyota mulai lebih agresif menginjak pedal gas produksi pabrik ke dua di Karawang, Jawa Barat dengan membenamkan investasi US$384 juta.

Melalui perusahaan patungan Toyota Motor Manufacturing Indonesia/ TMMIN (95% Toyota Corp dan 5% PT Astra International) konsumen akan bisa menikmati mobil penumpang serba guna (MPV) dengan tujuh seater yang baru atau sedan kecil yang pasarnya perkasa Indonesia.

“Akan muncul dua produk baru dalam dua atau empat tahun ke depan,” ujar Johnny Darmawan, Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM), agen penjualan tunggal Toyota di pasar domestik, di tengah pameran mobil Tokyo Motor Show di Jepang, akhir pekan lalu (4/12).

Pada 2013, TMMIN akan meningkatkan produksi 70.000 unit setahun, sedangkan pabrik sekarang memperoduksi 110.000 mobil. Johnny belum menyebutkan jenins MPV atau sedan kompak mana yang akan diproduksi pabrik ke dua di Karawang itu. Namun dia optimistis penjualannya akan direspons pasar dengan baik.

GM TAM Widyawati Soedigdo menyatakan Toyota juga akan mengenalkan sedan sport ke pasar Indonesia untuk merespons kinerja ekonomi yang diperkirakan mendekati 7.0% tahun depan.

Widyawati mengatakan, TAM akan memasarkan Mobil Toyota sport FT-86 menggunakan penggerak roda belakang yang akan dijual di sini sekitar April tahun depan dengan harga Rp500 juta. Mobil sport bermesin 2.5 liter ini merupakan kolaborasi antara Toyota dan Subaru (anak perusahaan Nissan Motor). Sedangkan Subaru 086-A akan dijual dengan logo Subaru.

Di samping itu TAM juga akan menjual mobil premium Lexus GS 50 F Sport dengan banderol Rp1 miliar per unit pada pertengahan tahun depan. Menurut data Gaikindo ,TAM memimpin penjualan mobil nasional sebesar 36% (269.769 unit) dari total penjualan nasional 746.203 sepanjang Januari-Oktober 2011. [mdr]

No comments: