Monday, December 12, 2011

Garuda Sediakan Wifi di Pesawat

JAKARTA - Nanti, bepergian di dalam pesawat terbang maskapai Garuda Indonesia akan lebih menyenangkan. Sudah dilengkapi dengan layar hiburan di kursi pelanggan masing-masing, santapan kaya selera, dan yang terbaru, penumpang bisa ber-wi-fi ria.

Ha tersebut dinyatakan Direktur Utama Garuda Indonesia, Emirsyah Satar, seusai satu diskusi tentang langkah inovatif Garuda Indonesia memenangi pasar yang akan diterapkan pada delapan pesawat terbangnuya.
Layanan Wi-Fi untuk delapan pesawat ini merupakan tahap pertama. Untuk merealisasikannya, perseroan akan mengeluarkan dana yang tak kecil, tapi ini demi memberikan kenyamanan dan keleluasaan bagi pengguna pesawat Garuda.
"Bayangkan saja untuk satu pesawat saja perlu 100 ribu dolar Amerika Serikat," katanya.
Dengan rencana layanan wi-fi ini, Garuda telah mengkomunikasikannya kepada Kementerian Perhubungan selaku regulator. Diakui, berdasarkan Undang-Undang Nomor 1/2009 Tentang Penerbangan, pengoperasian alat komunikasi untuk publik tidak bisa dilakukan di dalam pesawat terbang. "Fasilitas ini lebih ke SMS dan email. Bukan bicara," kata Satar.
Sementara itu, Manajer Senior Hubungan Investor Garuda, Ikhsan Rosan, mengungkapkan layanan internet ini akan dipasang di pesawat baru Garuda, seperti Airbus 330-200, Boeing 737-800NG yang baru didatangkan, serta Boeing 777-300ER yang sebenarnya sudah terpasang dan akan didatangkan pada Mei 2013.
"Yang penting, Garuda dapat meningkatkan pelayanan bagi penumpang," imbuh Ikhsan.
Rencananya, hingga 2015, Garuda Indonesia akan menambah armada dari 84 menjadi 154 pesawat untuk melayani penerbangan domestik dan internasional. Targetnya, rata-rata usia pesawat Garuda adalah lima tahun pada 2015 mendatang.

No comments: