Wednesday, December 14, 2011

Animator Indonesia Ikut Garap Film Tintin

Film animasi 'Adventures of Tintin: Secret of The Unicorn' menuai sukses besar setelah ditayangkan di berbagai negara. Siapa sangka, salah satu animator yang ikut membidani film ini ternyata seorang wanita asal Indonesia.

Wanita bernama Rini Sugianto ini mengaku, kecintaannya pada Tintin membuatnya rela meninggalkan rumahnya di California untuk pindah ke Selandia Baru begitu mendapat tawaran. "Saya grew up dengan Tintin, sewaktu masih kecil baca Tintin terus. Akhirnya saya tak bisa menolak dan pindah ke sini tahun kemarin," kata animator WETA Digital Selandia Baru ini, seperti diberitakan Voice of America pekan lalu.

Dari beberapa animator yang terlibat dalam proses produksi, Rini adalah animator yang menggarap adegan paling banyak, sejumlah 70 shot. Sebuah pengalaman yang menyenangkan buat Rini, yang baru kali pertama terlibat dalam penggarapan film layar lebar Hollywood.

Walaupun Tintin disutradari oleh Steven Spielberg, Rini mengaku belum pernah sekalipun bertatap muka dengan sutradara kondang itu. “Seminggu sekali, ada director review lewat video conference. Jadi melihatnya hanya dari video saja,” kata pemegang gelar Master dari Academy of Arts di San Francisco, California.

Walau bukan penikmat film, namun Rini berujar orangtuanya bangga menyaksikan nama putri mereka muncul di akhir film sekaliber Tintin. Selama ini, orangtuanya memang mendukung penuh dirinya dalam karir dan kehidupan.

“Mereka mendukung sewaktu saya sekolah dan waktu saya ngambil keputusan untuk sekolah lagi di bidang animasi, dan orang tua saya waktu itu sama sekali tak mengerti animasi itu apa. Tapi, mereka percaya kalau pilihan Rini akan membuat Rini bahagia. Mereka mendukung penuh mulai dari bayar sekolah sampai mencari pekerjaan,” ceritanya.

Saat ini, Rini sedang menggarap animasi untuk film Hollywood lain, The Avengers. Ia berpesan bagi animator lain di Indonesia untuk tidak pernah putus asa dalam menggapai cita-cita karena lama-lama akan terbuka peluang jika mau terus belajar. (eh)

No comments: