Thursday, December 8, 2011

Isi BBM Sendiri di SPBU Pertamina


Pertamina meluncurkan pom bensin yang memungkinkan konsumen dapat melakukan sendiri pengisian bahan bakar ke tangki kendaraan sesuai kebutuhan. Stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) self service ini berada di SPBU 34-15815 Gading Serpong, Tangerang, Banten.

Menurut Direktur Pemasaran dan Niaga PT Pertamina, Djaelani Sutomo, SPBU ini merupakan jawaban bagi konsumen yang selama ini meragukan takaran Pertamina. Layanan ini juga memudahkan pengawasan distribusi BBM subsidi dengan pelacakan pembelian lewat kartu kredit.

Pertamina, lanjut Djaelani, akan langsung memberhentikan pembelian jika ada konsumen BBM subsidi yang membeli dengan jumlah tidak wajar. "Konsumen SPBU self service ini kan ketahuan siapa, orang yang mempunyai kartu kredit. Kalau supir angkot kan nggak punya kartu kredit," katanya.

Lalu, bagaimana cara menggunakan SPBU self service ini?

Pertama, pilih jenis dan jumlah BBM yang akan Anda beli di layar touchscreen yang ada di dispenser. Lalu, masukkan kartu kredit atau debit Anda di mesin Electronic Data Capture (EDC) yang telah ada di dispenser SPBU, dan masukkan nomor PIN.

Jika transaksi diterima, BBM mulai mengalir dari noozle ke tangki kendaraan. "Bagi yang tidak mempunyai kartu kredit, bisa membayar di kasir, nanti ada petugas yang akan membantu," kata Djaelani di Gading Serpong, Tangerang, Banten, Kamis 8 Desember 2011.

Pertamina menargetkan pada 2012 akan ada delapan SPBU self service. Pembangunan SPBU self service ini akan berada di perumahan-perumahan elit di sekitar Gading Serpong, Kelapa Gading, Pakuwon, Lippo Karawaci, dan Jababeka. Nilai investasi mesin EDC sendiri mencapai US$3.000 per dispenser.

"Ada yang membangun SPBU dan ada juga yang convert menjadi seperti ini. Kami akan bangun di perumahan-perumahan, karena memang segmentasinya kalau di jalur umum belum bisa," katanya.

No comments: