Wednesday, December 14, 2011

Android Lokal dengan Snapdragon S1 Hadir 2012

Pertengahan November lalu Qualcomm menghadirkan jajaran chip prosesor terbarunya yakni S4 dan S1. S4 merupakan chip dual atau quad core yang ditujukan untuk smartphone kelas atas. Adapun S1 merupakan prosesor berkecepatan hingga 1GHz dan mendukung 3G.

Di Indonesia, salah satu produsen lokal yang siap memanfaatkan prosesor tersebut adalah TiPhone lewat produk mereka Evolution A500 yang merupakan smartphone Android layar sentuh selebar 3,5 inci. Produk dengan Android 2.3 Gingerbread ini dijanjikan hadir awal 2012 mendatang.

“Smartphone ini dihadirkan sebagai upaya kami menyediakan smartphone berbasis Android yang terjangkau,” kata Garuda Sugardo, Direktur Utama TiPhone Mobile Indonesia di Jakarta, 14 Desember 2011. “Saat ini, pengguna mobile Internet juga membutuhkan perangkat yang memiliki kinerja baik,” ucapnya.

TiPhone menggandeng Telkomsel untuk menyediakan layanan data pada smartphone Android tersebut. Ia dibundel dengan akses Internet gratis untuk bulan pertama. Adapun untuk bulan kedua sampai keenam, pengguna hanya dikenakan tarif Rp30 ribu.

“Paket bundling ini merupakan bentuk kerjasama strategis kami untuk menyediakan pilihan paket smartphone 3G berbasis Android dengan dual SIM card,” kata Sarwoto Atmosutarno, pada kesempatan yang sama.

Harapannya, Sarwoto menyebutkan, upaya ini bisa membuat semakin banyak masyarakat mengenal layanan Android dan mengakomodir kebutuhan mereka dengan harga terjangkau.

Dari sisi spesifikasi, TiPhone Evolution A500 sendiri mendukung WiFi, Bluetooth, GPS, kamera 2 megapiksel, dan kartu memori eksternal. Smartphone seharga Rp999 ribu ini akan hadir mulai awal 2012 lewat galeri Telkomsel, outlet Telesindo, serta gerai seluler di berbagai wilayah Indonesia.

No comments: