Sunday, December 2, 2012

Panggilan Suara, Andalan Baru BlackBerry Messenger

RIM akan mengusung pembaruan dalam aplikasi instant messaging itu berupa fitur panggilan suara pada BlackBerry Messenger 7 yang akan segera dirilis. Seperti apa?

Research In Motion (RIM) kembali mengungkap inovasi baru untuk memperkuat sistem operasi mereka. RIM akan mengusung pembaruan dalam BlackBerry Messenger berupa fitur panggilan suara (voice call) yang rencananya akan hadir pada BlackBerry Messenger (BBM) versi 7 yang akan segera dirilis.

Dilansir BerryGeeks, pengguna perangkat BlackBerry nantinya bisa melakukan panggilan suara langsung dari dalam BBM 7. Dengan fitur baru ini, maka pengguna BlackBerry dapat secara langsung melakukan percakapan seperti sedang melakukan panggilan pada umumnya.

Namun fitur voice callitu hanya bisa digunakan dalam jaringan WiFi saja. Jadi bagi pengguna yang ingin menggunakan fitur itu harus memindahkan konektifitasnya ke WiFi.

"BlackBerry Messenger 7 menggunakan protokol VoIP dan karena itu tidak mentransfer data lewat jaringan seluler," ujar Vice President BBM and Social Communities RIM, TA McCann dalam acara BlackBerry Jam Asia yang baru-baru ini berlangsung di Bangkok, Thailand.

Dengan fitur baru ini, maka pengguna BlackBerry dapat secara langsung melakukan percakapan seperti sedang melakukan panggilan pada umumnya.

Menurut McCann, RIM selaku produsen perangkat BlackBerry ingin melihat terlebih dahulu seperti apa user experience yang didapatkan pengguna ketika menggunakan panggilan suara lewat WiFi.

McCann mengatakan, meskipun berpotensi mengurangi traffic voice karena menyediakan opsi panggilan suara gratis di seluruh dunia, ketika nanti sudah menggunakan jaringan seluler, BlackBerry 7 akan meningkatkan konsumsi penggunaan data.

"Ini sejalan dengan visi operator di masa depan," katanya.

Saat ini BBM 7 sudah tersedia dalam versi beta untuk pengguna perangkat dengan OS BlackBerry 6 atau di atasnya.

"Tapi nantinya kami berencana menyediakan aplikasi ini untuk perangkat OS 5 juga," tambah McCann. [mor]

No comments: