Tuesday, June 18, 2013

2015, Suzuki Kembali Beraksi di MotoGP

Setelah absen sejak 2012, Suzuki Motor Corporation dipastikan akan kembali tampil di ajang MotoGP mulai 2013. Bahkan motor GSV-R1000 Suzuki sudah melakoni debutnya di tes resmi pasca-balapan MotoGP Katalunya, Senin 17 Juni 2013.

Suzuki terakhir tampil di ajang MotoGP 2011. Setelah 37 tahun tampil di MotoGP, Suzuki memutuskan mundur karena masalah finansial. Namun, dalam beberapa bulan terakhir, rumor kembalinya Suzuki ke MotoGP terus menguat.

Puncaknya, Suzuki ikut di tes resmi pasca-balapan MotoGP Katalunya. Mengandalkan rider Aspar, Randy De Puniet, performa GSV-R1000 Suzuki tidak terlalu mengecewakan. De Puniet mampu menduduki posisi kedelapan, hanya tertinggal 0,772 detik dari pemimpin tes Jorge Lorenzo.

"Dengan terus melakukan tes di dalam dan luar Jepang, Suzuki Motor Corporation akan kembali berpartisipasi di balapan MotoGP pada 2015. Suzuki Motor Corporation akan mengembangkan teknologi untuk tampil di MotoGP," demikian pernyataan resmi Suzuki seperti dilansir The Checkered Flag.

Suzuki terakhir tampil di MotoGP pada 2011 (Rizla Suzuki), dengan mengandalkan pembalap Alvaro Bautista. Hingga kini, Suzuki sudah mengoleksi enam gelar juara dunia kelas primer Grand Prix.

Pembalap terakhir yang mampu menjadi juara dunia kelas primer Grand Prix bersama Suzuki adalah Kenny Roberts Jr. Rider asal Amerika Serikat itu menjadi juara dunia kelas 500cc pada musim 2000.

No comments: