Sunday, October 28, 2012

Wow, Mesin Mobil Bisa Bernyanyi! Dadan Kuswaraharja - detikOto

Jakarta - Mobil bisa bernyanyi? Bagaimana bisa? Hal yang mustahil itu bisa dilakukan oleh para insinyur GM. Mereka memodifikasi mesin mobil Onix sehingga bisa menyanyikan lagu kebangsaan.

"Mobil bisa bernyanyi ya, itu merupakan hasil karya para insinyur di sini," ujar Lead Development Engineer Onix Andre Carbonara kepada detikOto di Cruz Alta Proving Ground GM do Brasil di Sao Paulo Brasil.

Mereka mempertunjukkan atraksi tersebut saat peluncuran Onix di Brasil beberapa hari yang lalu. Diawali dengan lengkingan suara mesin di RPM yang tinggi, mesin mobil mengeluarkan raungan yang selaras dengan irama lagu kebangsaan Brasil. Sayang Andre tidak menuturkan bagaimana mesin mobil bisa dibuat bernyanyi seperti itu.

Onix dijual di Brasil dengan mesin 1.000 cc dan 1.400 cc SOHC. Mesin ini sanggup menenggak BBM etanol 100 persen. Penggunaan etanol membuat mobil bisa berlari cukup kencang dan tidak mengeluarkan suara ngelitik saat mobil dikendarai di tanjakan dengan gigi yang cukup tinggi.

Meski dibilang terjangkau Onix dibanderol dengan harga mulai Rp 140 jutaan di Brasil. Harga mobil-mobil di sana memang dijual cukup mahal karena pajaknya yang tinggi, jika dihitung-hitung dibandingkan dengan mobil Chevy sama yang dijual di Indonesia harganya bisa naik 2-3 kali lipat.

No comments: