Sunday, October 28, 2012

Hawai terancam diterpa tsunami

Sebuah gempa berkekuatan 7,7 skala richter yang terjadi di lepas pantai Barat Kanada, Sabtu (27/10/2012) malam menimbulkan ancaman tsunami bagi kepulauan Hawai. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengeluarkan peringatan soal ancaman tsunami yang diprediksi akan menerpa Hawai sejak Minggu (28/10/2012) pagi hingga malam waktu setempat.

Diperkirakan, gelombang tsunami akan mencapai tinggi hingga 7 meter. Gubernur negara bagian Hawai, Neil Abercrombie, sudah mengeluarkan instruksi bagi warganya. “Saya instruksikan pihak berwenang untuk menjaga warga di daerah pesisir. Warga yang berada di zona tsunami diminta pindah ke lokasi yang setidaknya lebih tinggi 30 meter,” tegas Abercrombie.

Pejabat negara bagian Hawai mengatakan, evakuasi tengah berlangsung di dataran rendah daerah pesisir, terutama di daerah Timur Laut. Selain Hawai, Pusat Peringatan Tsunami juga memprediksi tsunami bisa menerjang Pantai Barat AS, Alaska, bagian pesisir Oregon, dan California Utara.

Penjaga Pantai Alaska mengaku terus memperingatkan warga yang tinggal di atas kapal dan warga pesisir untuk bersiap menghadapi tsunami. “Kami dan Pemerintah setempat sudah memperingatkan orang-orang di kota-kota pesisir untuk mengambil tindakan pencegahan,” kata Letnan Bernard Tupoksi, anggota Penjaga Pantai.

No comments: