Saturday, October 20, 2012

Mungkinkah Ide Kampung Deret Jokowi Terealisasi?

Jakarta Salah satu ide Jokowi untuk membenahi pemukiman pinggir kali adalah membangun Kampung Deret. Dinas Perumahan sudah melakukan kajian awal, apakah bisa terealisasi?

Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintahan DKI Jakarta, Novizal mengatakan pihaknya diberi waktu selama seminggu untuk mempelajari konsep kampung deret, sejak kunjungan Jokowi, Selasa (16/10) ke Bukit Duri, Jaksel.

"Beliau (Pak Jokowi) minta satu minggu dipelajari. Ya paling Selasa (23/10) kita sampaikan ke Pak Gubernur. Karena besok ada rapat koordinasi lagi dengan dinas terkait," kata Novizal saat dihubungi detikcom, Sabtu (20/10/2012).

Novizal menyebut kampung deret memang tidak mengikuti perencanaan tata kota yang telah dicanangkan. "Perkampungan di pinggir kali, tata ruangnya tidak seperti itu. Tapi masih kami bahas lagi," terangnya.

Untuk merealisasikan proyek ini, dinas terkait harus melakukan penghitungan secara cermat terkait normalisasi kali. Termasuk jarak ideal antara kali, jalan inspeksi dengan kampung deret.

"Untuk normalisasi kali, harus ada pelebaran yang diukur batasnya, ditambah jalan inspeksi 15 meter dan sisa lahan yang digunakan untuk kampung deret. Karena dekat situ (Bukit Duri) ada depo kereta api. Jadi harus diukur berapa sisa lahan untuk membangun kampung deret," terang Novizal.

Untuk menggodok konsep ini, Dinas Perumahan dan dinas terkait sudah menggelar beberapa kali rapat. "Mematangkan konsep, karena data soal ukuran jarak di sekitar bantaran kali sudah ada. Dari ukuran lahan yang tersedia akan terlihat perkiraan pembangunan kampung deret," ujarnya.

Kampung deret nantinya akan dibangun menghadap ke kali. "Supaya warga malu buang sampah sembarangan," tegas Novizal. Kampung deret ini akan dibangun bertingkat (rumah susun) dengan penyediaan ruang ruang publik berupa taman dan pusat layanan kesehatan.

Bila rencana ini diputus untuk dilanjutkan, Novizal memperkirakan tahap awal pembangunan dilakukan pada akhir tahun 2013 atau awal 2014. "Agak lama karena didahului dengan sejumlah prosedur kegiatan proyek termasuk perencanaan teknis minimal 6 bulan," tuturnya.

No comments: