Tuesday, August 21, 2012

HUT TNI akan Disemarakkan dengan Leopard 2

Armada tempur darat Indonesia sebentar lagi akan makin gagah. Pesanan 100 main battle tank tipe Leopard dari Jerman akan segera dikirim.

Kementerian Pertahanan memastikan pengadaan tank itu mulus tanpa kendala. “Walaupun tidak langsung semuanya, secara bertahap tahun ini sudah ada yang dikirim,” ujar Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemhan Brigjen Hartind Asrin di Jakarta (15/07). Seperti dilansir jppn.com.

Mantan atase pertahanan KBRI Malaysia itu menjelaskan, pesanan dari Jerman sudah final. “Tidak mungkin berganti negara,setelah Belanda batal maka digantikan Jerman,” katanya.

Alumnus Akabri 1983 itu menambahkan, pada acara ulang tahun TNI 5 Oktober nanti rencananya akan ada defile tank dari Jerman itu. “Saya belum bisa pastikan jumlahnya, tapi untuk defile ya minimal tujuh sudah ada,” kata Hartind. Dia memastikan spesifikasi Leopard buatan Jerman itu cocok dengan kebutuhan TNI AD. Terutama untuk postur pertahanan perbatasan.

Lalu apa hebatnya Leopard 2 itu sehingga TNI benar-benar ingin memperkuat matra daratnya dengan tank asal Jerman itu?

Inilah hebatnya Leopard 2. Selain merupakan tank berat nomor wahid di dunia dan tak tertandingi hingga kini. Leopard 2 merupakan tank yang cocok dalam segala medan tempur di darat. Mempunyai senjata yang hight explosed anti tank, dengan memiliki infra merah untuk melihat target sasaran pada waktu gelap. Hebatnya lagi, Leopard 2 mampu mengenai sasaran target yang bergerak, dan sasaran tembak sesuai target. Wah hebat banget khan kawan …

Mau tau kehebatan Leopard 2 lainnya? Kemampuan tank dengan berat 60 ton lebih itu mampu melaju dengan kecepatan 70 km per jam. Mampu membuat asap untuk mengacaukan serangan musuh dari udara atau mengecohkan posisi keberadaan tank Leopard dari target musuh. Yang pasti Leopard 2 ada sistem untuk melindungi dari serangan nuklir biologi. Tambah keren aja nih…

Untuk melaju, Leopard 2 mampu berjalan di rawa, da mampu berjalan di pepohonan dengan jig jaz, mampu berjalan di lintasan jalan berlubang, maupun yang menanjak. Tambah mantap khan? Selain itu Leopard 2 mampu berjalan di rawa, berada di dalam air ataupun istilahnya Leopard 2 mampu menyelam dalam air. Wuihhh tambah keren banget…

Mesin Leopard 2 pun mampu diganti dalam waktu 50 menit. Kalau melihat Postur dari bentuk Tank berat Leopard yang kokoh, kuat dan perkasa itu sangatlah cocok untuk dimiliki Indonesia. Pantaslah jika Kementerian Pertahanan menginginkan Leopard 2, yang merupakan tank tangguh yang terbaik di dunia untuk memperkuat matra pertahanan darat dan kekuatan alutsista TNI Angkatan Darat.

Semoga dengan datangnya Leopard 2 pada HUT TNI mendatang. Benar-benar dapat membuka mata masyarakat Indonesia pentingnya penguatan alutsista dalam negeri.

No comments: