Tuesday, November 9, 2010

Milan, Ajax, Munich Datang ke Indonesia Januari?


JAKARTA - Timnas Indonesia berencana menggelar turnamen empat tim pada awal tahun depan.Sedikitnya tiga klub Eropa diklaim PSSI siap ambil bagian dalam turnamen itu.

PSSI menyatakan setidaknya tiga klub Eropa akan berkunjung ke Indonesia pada 6 Januari atau 8 Januari 2011. Mereka adalah AC Milan (Italia), Bayern Munich (Jerman), dan Ajax Amsterdam (Belanda). Rencananya mereka dipersiapkan menghadapi timnas U-23 yang akan berlaga di SEA Games (SEAG) 2011. Merah Putihmuda sebelumnya diwajibkan mulai menjalani persiapan pada pertengahan November.

Namun, permintaan itu masih dipertimbangkan Badan Tim Nasional (BTN) yang meminta persiapan dimulai 8 Januari 2011 dengan agenda seleksi pemain. ”Ketiga klub akan berada di Indonesia pada Januari. Nantinya mereka akan menjalani turnamen empat tim dengan timnas U-23,” ungkap Ketua Umum (Ketum) PSSI Nurdin Halid, 4 November 2010. Jika turnamen itu terealisasi, Milan dan Bayern setidaknya dua kali pernah beruji coba di Indonesia. Bayern terakhir kali berkunjung ke Indonesia pada 2007.

Saat itu, FC Hollywood– julukan Bayern–berhasil menaklukkan timnas dengan skor 1-5. PSSI juga sebelumnya sempat mengembangkan wacana tentang kedatangan klub Britania Raya lainnya.Mereka adalah Tottenham Hotspur, Chelsea, Liverpool, dan Arsenal.Timnas juga hampir saja beruji coba dengan Manchester United. Hanya, uji coba itu batal karena bom Ritz Carlton dan JW Mariott pada 17 Juli 2009.

”Rencana turnamen empat tim merupakan inisiatif ketiga klub tersebut.Kami pada dasarnya siap saja. Saat ini kami sedang mematangkan perkiraan anggaran,”kata Nurdin. Mengacu pada uji coba timnas kontra Manchester United,saat itu PSSI harus menyiapkan anggaran Rp32,15 miliar. Rinciannya, anggaran Rp19,8 miliar disiapkan untuk membayar match fee, lalu sisanya beban akomodasi dan penginapan.Jumlah itu lebih besar daripada anggaran Rp12 miliar saat mendatangkan Uruguay dan Maladewa.

Nurdin menambahkan, PSSI sedang menyiapkan proposal sponsorship untuk turnamen empat tim tersebut. ”Kami sudah berbicara dengan agen mereka. Total anggaran mungkin sudah bisa diketahui beberapa hari ke depan.Yang jelas, kami sangat antusias menyambut permintaan mereka.Sebab,timnas U-23 juga membutuhkan uji coba internasional yang memadai.

Kini tinggal kembali kepada internal PSSI, bagaimanapun harus mencari sponsor dalam waktu yang sempit,”lanjutnya. Sementara itu, timnas Indonesia mengklarifikasi status naturalisasi striker Persib Bandung Cristian Gonzales aman. Merah Putih akhirnya mendapatkan jaminan BTN bahwa proses naturalisasi Gonzales masih berjalan.

No comments: