Tuesday, November 9, 2010

Marine One, Helikopter Canggih Presiden AS


Jakarta-Selain Air Force One, presiden AS juga dilengkapi helikopter canggih bernama Marine One. Helikopter ini milik Korps Marinir AS yang bertugas membawa presiden.

Helikopter yang biasa digunakan adalah HMX-1 Nighthawks, VH-3D Sea King atau VH-60N Whitehawks. Pesawat Korps Marinir yang membawa wakil presiden disebut Marine Two.

Helikopter bertanda 'V' memang diperuntukkan bagi VIP. Executive Flight Detachment merupakan satu-satunya korps Marine yang dirbolehkan mengoperasikan pesawat Sikorsky. VH-3D mampu membawa 14 penumpang sedangkan VH-60 N hanya 11 penumpang. Helikopter ini membawa pilot, copilot dan kepala kru. VH=60N juga membawa operator sistem komunikasi.

Marine One sering dipakai untuk menggantikan konvoi motor dalam keadaan sulit logistik. Lingkungan yang dikontrol oleh helikopter jauh lebih aman. Layanan ini juga dimanfaatkan bagi staf senior kabinet dan pejabat asing.

Lebih dari 800 pegawai beroperasi di pusat pengadaan helikopter Marine Corps Air Facility Quantico, Virgina. Ada pula kantor di Naval Support Facility Anacostia, Washington D.C dan Joint Base Andrew Naval Air Facility, Maryland.

Penerbang Marine One tidak memakai jas penerbangan reguler selama penerbangan melainkan seragam Delta/Blue Dress Charlie.
Saat melakukan tindak keamanan, Marine One akan terbang berkelompok, biasanya lima helikopter. Satu helikopter yang membawa presiden, sementara lainnya berfungsi sebagai umpan calon pembunuh yang berada di daratan.

Setelah lepas landas, helikopter mulai melakukan formasi (sering disebut presidential shell game) secara teratur untuk menjaga keamanan posisi presiden. Marine One dilengkapi dengan perangkat penanggulangan antirudal seperti penahan rudal pencari panas dan pelindung untuk menangkal radar rudal. Tidak hanya itu, helikopter ini memiliki penahan inframerah AN/ALQ-144 A.

Untuk menambah keamanan Marine One, setiap anggota HMX-1 harus melewati pemeriksaan latar belakang dari Yankee White sebelum dibolehkan menyentuh salah satu helikopter yang membawa presiden. Marine One akan selalu ada seperti limousine presiden, kemanapun ia pergi, baik di AS ataupun luar negeri.[ito]

No comments: