Sunday, October 28, 2012

AS Jual 8 Helikopter Apache ke Indonesia

WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengatakan akan menjual delapan helikopter jenis Apache AH-64/D demi memperkuat kerja sama pertahanan antara Indonesia dengan AS. Keterangan mengenai penjualan ini disampaikan langsung oleh Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton.

Clinton yang berbicara bersama Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa di Washington menambahkan, pihak Kongres sudah diberitahu mengenai maksud penjualan helikopter tempur tersebut. Rencana ini bisa memperkuat skuadron udara Indonesia, yang sebelumnya menerima hibah pesawat tempur F-16 dari Negeri Paman Sam.

"Kesepakatan ini akan memperkuat kemitraan komprehensif antara kedua negara dan juga bisa membantu memperkuat keamanan di kawasan (Asia Tenggara)," ujar Clinton, seperti dikutip Reuters, Jumat (21/9/2012).

Pemerintahan Presiden Barack Obama terus berusaha untuk meningkatkan kerja sama pertahanan dengan Indonesia. Hal ini terkait dengan fokus AS yang kini lebih mengutamakan kawasan Asia-Pasifik. AS juga turut meningkatkan kerja sama dengan sekutu terdekatnya seperti Filipina dan Australia.

Clinton tidak mengumumkan berapa dana yang harus dikeluarkan oleh Indonesia untuk membeli Apache ini. Helikopter buatan Boeing ini sudah lazim digunakan oleh pihak militer di beberapa negara.

Tahun lalu, Negeri Paman Sam memberikan hibah 24 pesawat tempur jenis F-16, dimana Pemerintah Indonesia harus mengeluarkan dana sebesar USD750 juta atau sekira Rp7,1 triliun (Rp9.540 per USD) untuk pemugaran dan memperbaiki mesin pesawatnya. Menurut Clinton, penyediaan alat tempur AS untuk Indonesia akan meningkatkan kerja sama militer kedua negara.

Sementara pengumuman rencana penjualan helikopter ini dilakukan di saat Menlu Natalegawa dan Menlu Clinton melakukan pertemuan bersama AS-Indonesia. Keduanya mengatakan hubungan antara kedua negara saat ini terus berkembang lebih baik.

No comments: