Sunday, September 26, 2010

20 Orang Terkaya di Amerika, Bill Gates Memimpin

Badai krisis ekonomi Amerika yang terjadi 2007 masih membekas bagi warga Negeri Paman Sam, khususnya para pebisnis papan atas. Kendati mulai membaik, namun terbukti, kaum elit Amerika banyak yang jatuh melarat.

Berdasarkan catatan Forbes, rata-rata kekayaan mereka merosot USD300 miliar dalam 12 bulan pada 2009, dari USD1,57 triliun menjadi USD1,27 triliun. Kondisi ini merupakan yang terburuk sejak 1982.

Fenomena ini terus berlanjut hingga tahun ini, menyusul goyahnya pasar modal dan bisnis real estat. Pukulan telak ekonomi itu meluas menjadi permasalahan sosial. Tingkat perceraian dan penipuan meningkat tajam.

Salah satu kantong orang kaya yang “mengempis” adalah Warren Buffett. Namun, dia masih bertahan di posisi kedua dibanding tahun lalu. Saham perusahaan Berkshire Hathaway, yang menjadi motor penggerak tahtanya, ambrol 20 persen. Ini merupakan catatan terburuk dalam dunia bisnis.

Lalu, siapa yang mampu bertahan di posisi nomor 1? Tak lain masih seperti tahun lalu. Dia adalah William Henry Gates atau lebih dikenal dengan sebutan Bill Gates. Kekayaan pria berusia 54 tahun ini mampu meningkat USD4 miliar menjadi USD54 miliar, dari tahun sebelumnya yang “hanya” USD50 miliar.

Kendati demikian tidak semua miliarder jatuh melarat. Pada sektor tertentu, masih banyak pengusaha yang mendulang untung, khususnya di sektor teknologi dan sektor riil. Eksitensi merekalah yang menjadi pendongkrak ekonomi Negeri Adidaya tersebut. Seperti yang terjadi pada keluarga Walton. Kakak beradik yang menyandang status konglomerat sektor ritel ini, mampu menguasai 10 papan teratas orang paling tajir. (economy.okezone.com)

Berikut Daftar 20 Orang Terkaya di Amerika yang dirilis Rabu (22/9/2010) waktu setempat :



No comments: